CALL US: 0813-8215-6598
OPENING HOURS: Mon - Fri: 08 am - 10 pm
Honda MT Haryono > Blog > Sejarah Honda

Sejarah Honda

July 27, 2018 / 0 Comments / 600 / Blog
Sejarah Honda
Facebook It
Tweet It
Pinterest It
Google Plus It

Sejarah Honda

Sejarah Honda – Siapa yang tidak mengetahui brand yang satu ini “HONDA”. Brand yang dikenal sebagai produk asia ini berhasil dikenal hingga kawasan eropa dan amerika. Sebagai pesaing Toyota, Honda saat ini sudah berada di posisi puncak di bidang otomotif. Tidak hanya mengincar kalangan atas Honda juga hadir untuk kalangan menengah kebawah. Saat ini Honda tidak hanya hadir dalam industry otomotif tapi saat ini Honda juga sudah hadir dalam industry pembuatan robot yang di jepang  pembuatan robot adalah salah satu trand yang sangat pesat. Mungkin masih banyak yang belum tau bagaimana sejarah perusahaan terbesar di jepang ini muncul. Honda Nusantra MT Haryono melalui artikel ini ingin mengulas sedikit bagaimana sejarah dan awal terbentuknya brand Honda dan siapa tokoh dibalik berdirinya Honda.

Sejarah Honda

Honda didirikan pada 24 September 1948 oleh Soichiro Honda. Honda merupakan produsen sepeda motor terbesar di dunia sejak 1959, dan juga produsen mesin pembakaran dalam terbesar dengan produksi lebih dari 14 juta unit tiap tahunnya.

Soichiro Honda lahir sebagai anak pertama dari seorang pandai besi bernama Gihei Honda pada 17 November 1906 di sebuah desa kecil bernama Komyo yang sekarang bernama Tenryu, Jepang. Ia tidak mengenyam pendidikan formal yang memadai dan tidak cemerlang di sekolah. Namun memiliki semangat dan cita-cita yang sangat tinggi.

Sejarah Honda

Saat menginjak usia 15 tahun, Soichiro pindah ke Tokyo untuk mencari pekerjaan. Dari berbagai literature, disebutkan bahwa ketertarikannya pada dunia otomotif diawali pada usia yang sangat muda. Pada tahun 1922 dia bekerja di sebuah bengkel di Tokyo yang bernama Art Shokai, dan tidak meneruskan keahlian ayahnya sebagai pandai besi.

BACA JUGA: Price list Kredit Honda Brio

Pada pekerjaan awalnya, Soichiro tidak langsung berhubungan dengan mesin seperti yang dia inginkan. Namun dia dipekerjakan sebagai seorang cleaning Service dan sambil mengasuh bayi dari pemilik bengkel, sampai pemilik bengkel tersebut menemukan bakat Soichiro yang sesungguhnya. Enam tahun kemudian dia dipercaya membuka bengkel cabang Art Shokai di Hamamatsu. Bengkel itulah yang membuka jalan selanjutnya.

Soichiro menyukai balapan otomotif dan menciptakan rekor kecepatan pada tahun 1936. Dia kemudian mengalami cidera dalam sebuah kecelakaan yang parah (tulangnya patah termasuk kedua pergelangan tangannya) dan berhasil dibujuk istrinya untuk berhenti membalap serta berkonsntrasi pada usahanya. Soichiro juga pernah membuat inovasi membuat velg dan jari-jari dari logam yang pada data itu menggunakan kayu yang sangat mudah sekali terbakar.

Pada tahun 1937 dia pindah ke pembuatan cincin piston dengan mendirikan Industri Berat Tokai Seiki (IBTS). Obsesinya dalam membuat cincin piston karena pada masa itu barang susah didapat. Masa itu, buatan luar negeri jarang sempurna dan sukar untuk dibuat. Cincin piston itulah yang membuat dirinya kembali bersekolah di usia 28 tahun setelah bergulat dengan berbagai percobaan, cincin pistonnya tidak sesuai dengan harapan. Butuh 3 tahun untuk dapat mewujudkan proyek ring piston ini. Kemudian pada tahun 1948 dia menjual IBTS kepada Toyota dengan harga 450.000 yen atau kira-kira 1 juta Dollar AS di tahun 2003 dan akhirnya Honda mendapat kontrak dari Toyota.

Ia membuat sebuah pabrik untuk menyuplai Toyota, tapi tak lama, pada saat Perang Dunia II, pabrik piston tersebut hampir seluruhnya hancur.

Kemudian Soichiro Honda membuat kembali sebuah perusahaan dengan sisa-sisa yang ada akibat Perang Dunia II, negaranya mengalami krisis keuangan dan bahan bakar, namun tetap membutuhkan fasilitas transportasi. Honda, dengan memanfaatkan pabrik manufakturnya, memasang sebuah mesin pada sebuah sepeda yang menjadikannya alat transportasi murah dan efisien.

Ia memberi nama perusahaannya Honda Giken Kogyo Kabushiki Kaisha yang berarti Honda Research Institute Company Ltd. Nama resminya di Jepang adalah Honda Motor Company, Ltd. Pada tanggal 24 September 1948, Honda Motor Co. secara resmi didirikan di Jepang.

Demikian sekilas mengenai sejarah Honda

 

SEARCH:

Honda Brio| Beli Mobil Honda | Kredit Mobil Honda | Kredit Honda Brio | Tentang Honda Brio | Riview Honda Brio | Honda Brio| Beli Honda Brio | Beli Mobil Honda | Seputar Honda | Sejarah Honda | Honda Dealer Jakarta | Honda Nusantara MT Haryono | Honda MT Haryono | Beli Mobil Honda |

Sumber : Wikipedia , camargus.com

You Might Also Like

Leave your comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

NEED A HAND TO FIND YOUR CAR?